VIRAL petani bunga hias jadikan bunga dagangannya sebagai pakan sapi

Perpanjangan ppkm tak hanya berdampak bagi pedagang makanan saja khususnya pedagang kaki lima, berbagai lapisan masyarakat pun ikut merasakan dampak dari perpanjangan masa ppkm.

Seperti halnya sebagian petani bunga di Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat pun tak luput dari dampak PPKM darurat yang kini masih berlaku, Pasalnya dengan kebijakan tersebut banyak pesanan bunga dari pelanggan yang di cancel.

Apalagi sejak PPKM darurat yang di terapkan menjadi level 4 yang tercatat dari tanggal 3 juli 2021 yang membuat para petani bunga kewalahan akibat para petani bunga tidak bisa mengirimkan bunganya.

Salah satunya Diki Permana (23), petani bunga asal Kampung Pamacelan, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Bunga yang di tanamnya seharusnya sudah mulai di kirim ke Jakarta dan Purwakarta. Namun lantaran di terapkannya kebijakan PPKM darurat level 4, maka pengiriman bunganya di batalkan.

“Kan waktu ada yang mau order karena adanya pembatasan jadi pengiriman terhambat, bunganya di balikin lagi. Banyak pula yang di cancel.” Ujar Diki kepada Suara.com, Jumat (6/8/2021).

Sebelumm di berlakukannya PPKM darurat, Diki menanam lebih dari 9 ribu batang bunga jenis aster. Bunga tersebut seharusnya sudah ia kirim pada pertengahan bulan juli lalu kepada konsumennya.

Namun akhirnya batal lantaran ketatnya pemberlakuan PPKM darurat level 4.

Akhirnya Diki hanya mampu mengirim 2 ribu batang saja, pendapatan keuntungan Diki yang seharusnya Rp.8 juta pun akhirnya harus melayang.

“Yang paling kena dampaknya yaitu bunga aster sama pikok.Harganya juga jadi hancur, biasanya 10-15 ribu perbatang kini hanya jadi Rp 7 ribu perbatang” ungkap Diki.

Untuk meluapkan kekesalannya dengan kondisi yang di alami saat ini, lantas Diki menjadikan bunga yang seharusnya bisa menjadi nilai jual tersebut malah Diki jadikan sebagai pakan sapi.

Bahkan, aksi Diki yang menjadikan bunga jualannya sebagai pakan sapi sempat menjadi viral di media sosial.

Diki berharap kebijakan PPKM darurat level 4 yang sedang berlangsung ini tidak di lanjutkan kembali dan ada kebijakan yang mendukung usaha para petani bunga. Sebab sangat berdampak pada penghasilan para petani bunga dalam sebulan terakhir.