Ternyata berbahaya tidur mendengkur dapat sebabkan serangan jantung hingga stroke

 

 Tidur mendengkur atau mengorok sering kali kita duga sebagai akibat dari aktivitas yang melelahkan dan tanda seseorang tidur dengan nyenyak,tapi apakah anda tahu tidur mendengkur teryata berbahaya bagi kesehatan.

Yang pada awalnya tidur mendengkur kita anggap sebagai hal yang lumrah-lumrah saja, ternyata suara dengkuran saat kita tidur mertupakan pertanda yang tidak baik karena suara dengkuran tersebut merupakan akibat dari saluran pernafasan yang tersumbat,yang dapat berakibat penurunan kadar oksigen dalam tubuh atau hipoksemia.

menurut pakar pengobatan tidur Harneet walia, mendengkur terjadi akibat dari penyempitan di saluran nafas bagian atas, hal ini membuat aliran udara yang melewati mulut dan hidung terganggu.

 terganggunya aliran udara ini terjadi akibat beberapa faktor berikut

1. Uvula yang terlalu panjang

Anak lidah atau uvula yang terlalu panjang dapat mempersempit lubang dari hidung ke tenggorokan sehingga menghalangi jalannya nafas,

Ketika seorang bernafas maka uvula akan bergetar dan bertabrakan dengan dinding mulut lainnya sehingga menghasilkan suara dengkuran. 

2. Saluran hidung tersumbat

saluran hidung yang tersumbat membuat orang sulit untuk bernafas ,hal ini dapat mengganggu jaringan lunak,sehingga dapat menghasilkan suara dengkuran.

3. Posisi tidur

posisi tidur terlentang sering menjadikan orang mendengkur,di karenakan tidur terlentang membuat lidah mengendur ke arah belakang tenggorokan membuat aliran udara terhambat.

4. kelebihan berat badan

orang dengan berat badan yang berlebih cenderung memiliki jaringan ternggorokan yang lebih tebal,sehingga mempersempit saluran pernafasan, jika berat badan berlebih maka segeralah berolahraga agar saluran pernafasan menjadi lebih lebar dan mengurangi dengkuran.

5.kebiasaan merokok

hentikan kebiasaan merokokperokok aktif akan rentan di serang OSA(tidur mendengkur dapat sebabkan serangan jantung hingga stroke), karena kandungan racun yang ada pada rokok bisa menyebabkan penbengkakan atau iritasi pada saluran pernafasan, oleh karena itu bagi perokok segeralah berhenti karena bisa berpengaruh pada kualitas tidur.

nah dari kebiasaan yang kurang baik di atas menjadi beberapa faktor penyebab orang tidur mendengkur,

dan bagaimana sih cara untuk megobati tidur mendengkur?

 Langkah awal yang di anjurkan oleh dokter agar kita terbebas dari degkuran saat tidur adalah merubah gaya hidup. beberapa hal yang perlu di lakukan, yakni:

1.Mengurangi berat badan 

2.Menghindari konsumsi alkohol,terutama saat hendak tidur

3.Berhenti merokok

4.Tidur dengan cukup

5.Membiasakan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan berat saat akan tidur

6.Tidur dengan posisi menyamping kanan.

Menengkur yang menurunkan kualitas tidur dapat membuat seseorang menjadi mengantuk saat beraktifitas, dari rasa ngantuk ini dapat meningkatkan resiko kecelakaan saat bekerja maupun saat berkendara .