Sudah vaksin Covid-19 tapi belum dapat sertifikat vaksin, berikut cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19

Sertifikat vaksin Covid-19 kini menjadi salah satu syarat penting yang wajib di persiapkan bagi anda yang hendak melakukan perjalanan jauh, khususnya anda yang hendak memakai jasa transportasi umum.

Sertifikat akan di berikan kepada anda yang sudah melaksanakan vaksin baik suntikan dosis pertama maupun suntikan lengkap.

Setelah anda menjalani proses vaksinisasi, tak lama kemudian anda akan mendapatkan pesan melalui SMS dari nomor 1199 terkait link yang akan mengarahkan anda ke website Peduli Lindungi yaitu Pedulilindungi.id.

Setelah anda melakukan proses Vaksinisasi yang pertama anda akan memperoleh pesan melalui SMS yang berisikan jadwal Vaksin kedua dan link sertifikat vaksinisasi yang pertama.

Pada SMS tersebut tertera nama peserta vaksin, NIK, dan informasi pelaksanaan vaksin ke dua.

Setelah anda melakukan proses vaksinisasi ke dua maka anda akan mendapat SMS kembali yang berisikan link sertifikat vaksinnya.

Tetapi bagaimana jika anda sudah melakukan proses Vaksinisasi tetapi anda belum juga mendapat Sertifikat Vaksin ? 

Jika anda sudah mngikuti proses vaksinisasi dan belum mendapat sertifikatnya anda dapat menggakses laman peduliLindungi, di peduliLindungi.id 

Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengunduh sertifikat vaksinisasi :

Via website peduliLindungi.id

*Pastikan anda telah memiliki akun di  pedulilindungi.id

*Setelah anda mengakses di laman peduliLindungi.id, maka akan muncul di bgian paling atas keterangan “sudah melakukan vaksinisasi Covid-19? cek sertifikat anda di sini”.

*Klik tautan laman tersebut, dan login menggunakan alamat e-mail atau nomer telepon yang terdaftar.

*Anda akan menerima sebuah kode verifikasi, kemudian masukan kode yang telah anda terima melalui e-mail/SMS tersebut lalu klik tombol “verifikasi”.

*Lalu isi Nama Lengkap, NIK/nomor paspor, Tanggal lahir, Jenis Vaksin, dan verifikasi bahwa anda bukan robot.

*Maka sertifikat akan muncul, klik gambar kemudian klik “unduh” yang terdapat di bagian kanan bawah.

Via SMS

*Setelah anda menerima SMS dari 1199 yang berisikan link sertifikat, kemudian anda klik tautan tersebut dan anda tinggal login PeduliLindungi.id

*Akan langsung tampil sertifikat vaksinisasi anda, kemudian anda tinggal mengunduhnya.