sidang isbat 1442 H akan di laksanakan hari ini

ramadhan
Sidang penentuan awal Ramadhan atau yang kita kenal dengan sidang isbat akan di lakasanakan sore nanti, senin (12/4/2021). seperti biasanya sidang isbat akan dilaksanakan di Auditorium H.M. Rasjidi, kementrian agama RI. sidang isbat itu akan di ikuti oleh berbagai elemen, Ormas islam hingga Kedutaan negara tetangga.

“sidang isbat awal Ramadhan akan di laksanakan 12 April, bertepatan 29 sya’ban 1442 H.” ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di lansir dari situs resmi Kemenag Minggu (11/04/2021).

Dia menjelaskan karena masih pandemi, sidang isbat akan di laksanakan secara daring dan luring. Agenda itu juga akan di hadiri komisi VIII DPR, Mahkamah Agung (MA), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planeterium, Pakar Falak dari Ormas-ormas islam, Pejabat Eselon I dan II Kementrian Agama; dan Tim Hisab dari Rukyat Kementrian Agama.

Sejumlah ormas Islam, antara lain: NU, Muhammadiah, Persis dan Al Washliah, di jadwalkan akan hadir langsung di Kementrian Agama. Ada juga Ormas Islam yang akan mengikuti program ini secara daring.

“Ada 29 Duta Besar negara sahabat yang di undang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang.” ujar Kamarudin.

Sidang akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Lokasi sidang akan di semprot terlebih dahulu dengan desinfektan. Peserta yang di undang hadir juga akan di lakukan pembatasan jarak, pemindaian suhu tubuh, dan diwajibkan mengenakan masker.

Kemenag menyebutkan, sejumlah pemantau hilal akan di turunkan di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia.

Seperti yang di beritahukan sebelumnya, ada dua metode untuk menentukan awal ramadhan, dua metode itu iyalah hisab dan rukyat.

Rukyatul hilal merupakan aktifitas pengamatan visibilitas hilal (bulan sabit) saat matahari terbenam menjelang awal bulan pada kalender Hijriyah.

Sidang isbat akan di gelar dalam tiga tahapan , milai pukul 16.45 WIB.

berikut tiga tahapan pelaksanaan 1 Ramadhan 1442 H :

. Pertama, pada pukul 16.45, di mulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota tim Unifikas Kalender Hijriah kemenag. Sesi ini akan di siarkan LIVE melalui tayangan televisi.

. Kedua, setelah salat maghrib, akan di gelar sidang isbat awal Ramadhan. Tahap ini akan di gelar secara tertutup.

. Ketiga, akan di gelar konferensi pers penyampaian hasil sidang isbat oleh kementrian agama. penyampaian keputusan akan di siarkan TVRI dan media sosial Kemenag.