Sakit kepala hingga kulit menjadi cepat tua gara gara kurang tidur

dampak kurang tidur
Jadwal rutinitas pekerjaaan yang datang setiap hari terkadang membuat waktu istirahat kita kurang, sehingga membuat waktu tidur yang relatif berkurang, pada normalnya manusia memerlukan waktu tidur antara tujuh sampai delapan jam sehari, karena padatnya pekerjaan membuat jam istirahat kita harus terganggu, padahal tubuh seseorang butuh waktu istirahat yang cukup agar organ-organ di dalam tubuh dapat berfungsi dengan normal.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap manusia yang akan memberi segudang manfaat jika kita bisa mengaturnya, tapi sebaliknya jika kita tidak bisa mengatur pola tidur maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah sakit kepala hingga migrain, yaitu sakit kepala sebelah yang pastinya akan berdampak pada jadwal aktifitas harian yang akan kita lakukan.

untuk menghindari sakit kepala tersebut,anda bisa lakukan beberapa langkah berikut untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik ;

1. Atur jadwal tidur setiap harinya, usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama untuk setiap harinya

2. Jangan mengkonsumsi kafein dan alkohol sesaat sebelum tidur

3.matikan televisi dan lampu sesaat sebelum tidur

4. Mengkonsumsi susu hangat. Susu mengandung melatonin yang bekerja untuk meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Jika sudah melakukan sederet langkah di atas dan masih mengalami sakit kepala, anda bisa mengkonsumsi Panadol extra sebagai pereda rasa sakit di kepala, Obat ini mengandung paracetamol dan caffeine yang ampuh dalam meredakan sakit kepala.

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang berdampak baik bagi kesehatan salah satunya dapat memperkuat sistem imun, tidak hanya itu saja, memiliki jam tidur yang teratur juga mempunyai banyak dampak baik bagi kesehatan tubuh yang sudah kita bahas di 9 Manfaat tidur yang cukup bagi kesehaan,ternyata penting,Apa saja?

Dan sebaliknya jika kita mempunyai jam tidur yang buruk maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, berikut dampak buruk akibat kurang tidur ;

1. Kulit cepat tua

Saat kekurangan tidur , kulit menjadi pucat, mata bengkak, serta akan muncul lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering kita sebut mata panda, jika di lakukan dalam jangka panjang maka kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi mudah keriput dan timbul garis-garis di wajah.

2.Cepat pikun

Dampak lain dari kurangnya tidur adalah anda akan manjadi cepat pelupa. Bukan hanya itu saja dampak lainnya adalah anda akan sulit berkonsentrasi dan fokus.

3.Merusak mood

Jika di lakukan terus menerus, kurangnya jam tidur tujuh atau delapan jam dalam sehari juga akan memicu depresi dan gangguan kecemasan.

4. Mengurangi gairah seksual

Orang yang umumnya kekurangan jam tidur akan mempunyai gairah seksual yang lebih rendah, di karenakan terkurasnnya energi, kelelahan, mengantuk, lalu akan meredupkan gairah seksual seseorang.

Menyadari pentingnya tidur yang cukup,membuat kita sadar kalau tidur yang kurang tidak hanya memicu sakit kepala tetapi uga sangat bisa berdampak pada kesehatan keseluruhan. Tidur adalah proses periode aktif di mana banyak proses penting, pemulihan, dan penguatan terjadi selama itu.

Sebagai upaya untuk mengurangi tingkat stres akibat kurang tidur dapat dengan melakukan tehnik relaksasi. Jika sakit kepala menyerang karena kurang tidur anda dapat meredakannya dengan cara mengompres kepala dengan handuk digin ataupun panas selama lima sampai sepuluh menit.langkah ini dapat meringankan rasa sakit.