Pengertian dan Cara Mengobati Angin Duduk

Pengertian dan Cara mengobati Angin Duduk

Angin Duduk

Penafsiran Angin Duduk

Angin duduk ataupun angina merupakan sesuatu penyakit yang ditandai dengan perih dada akibat otot jantung kurang memperoleh pasokan oksigen dari aliran darah. Pasokan darah ke otot jantung tersendat sebab terdapatnya penyempitan ataupun penyumbatan pada pembuluh darah. Angin duduk bisa terjalin secara seketika.

Aspek Resiko Angin Duduk

Ada bermacam- macam aspek efek yang dapat menimbulkan seorang rentan terhadap angin duduk, antara lain:

Kolesterol tinggi.

Diabet ataupun berkemih manis.

Hipertensi ataupun tekanan darah besar.

Tekanan pikiran.

Kegemukan.

Merokok.

Riwayat terserang penyakit jantung tadinya.

Riwayat keluarga hadapi penyakit jantung.

Kurang olahraga.

Umur di atas 45 tahun untuk laki- laki serta di atas 55 tahun untuk perempuan.

Pemicu Angin Duduk

Biar bisa bekerja dengan baik, jantung memerlukan cukup darah yang kaya oksigen. Darah buat jantung dialirkan oleh 2 pembuluh besar yang diucap selaku pembuluh koroner. Pemicu utama angin duduk merupakan terbentuknya penyempitan ataupun penyumbatan pada pembuluh koroner tersebut. Berikut merupakan sebagian tipe angin duduk yang bisa terjalin:

Angina normal. Biasanya, keadaan ini dipicu oleh kegiatan fisik, misalnya berolahraga. Dikala seorang olahraga, jantungnya hendak memerlukan lebih banyak oksigen dari aliran darah. Kebutuhan tersebut tidak hendak tercukupi bila terjalin penyumbatan ataupun penyempitan pada pembuluh koroner. Serbuan angin duduk normal pula bisa dipicu oleh perihal lain, semacam merokok, tekanan pikiran, makan kelewatan, serta hawa dingin.

Angina tidak normal. Kondisi ini dipicu oleh timbunan lemak ataupun pembekuan darah yang kurangi ataupun membatasi aliran darah mengarah jantung. Walaupun penderita telah komsumsi obat serta rehat, namun perih dada akibat angin duduk tidak normal hendak senantiasa terdapat. Bila tidak ditangani dengan baik, serbuan angin duduk tidak normal dapat tumbuh jadi serbuan jantung.

Angina varian( angina duduk Prinzmetal). Pada kondisi ini, arteri jantung menyempit sedangkan akibat spasme ataupun kekakuan pembuluh darah. Orang yang lagi istirahat juga dapat terserang angin duduk varian. Perihal ini disebabkan angin duduk varian bisa terjalin kapan saja. Penyempitan sedangkan pada pembuluh darah ini menimbulkan pasokan oksigen dari aliran darah ke jantung menyusut serta timbulah perih dada. Indikasi pada angin duduk varian ini bisa diredakan dengan obat- obatan.

Pengobatan Angin Duduk

Pengobatan angin duduk bertujuan buat kurangi keparahan gejalanya serta merendahkan resiko penderita terserang serangan jantung yang bisa berdampak kematian. Bila indikasi masih ringan ataupun menengah, meninggalkan Kerutinan kurang baik serta menempuh pola hidup sehat dapat dicoba selaku penindakan angin duduk. Biasanya, dokter hendak membagikan prosedur aksi ataupun sebagian formula obat buat penderita angin duduk, antara lain:

Pembedahan angioplasti dengan pemasangan stent di pembuluh darah jantung. Prosedur ini ialah prosedur utama dalam penindakan penyumbat pembuluh darah koroner. Prosedur ini bertujuan buat memperlancar aliran darah serta memperlebar pembuluh darah dengan memakai balon kecil spesial yang ditiup, setelah itu pembuluh darah dipasang stent supaya aliran darah senantiasa mudah di bagian pembuluh darah yang tersumbat tersebut.

Obat- obatan nitrat. Guna utama obat ini merupakan buat melemaskan pembuluh darah yang kaku supaya darah bisa mengalir dengan mudah mengarah jantung.

Obat- obatan pencegah pembekuan darah. Obat ini berperan memisahkan kepingan- kepingan darah serta menghindari penggumpalan darah.

Obat penghambat saluran kalsium. Obat ini bisa melancarkan aliran darah di dalam jantung serta meredakan ataupun menghindari indikasi angin duduk.

Obat penghambat beta. Obat ini bekerja dengan metode mencegah dampak hormon adrenalin, sehingga tekanan darah menurun serta ritme jantung menyusut.

Obat penurun kandungan kolesterol dalam badan. Sehingga, penangkalan kehancuran pembuluh darah dapat dicoba dengan mengkonsumsi obat ini.

Obat yang berperan buat kurangi tingkatan penggumpalan darah, sehingga darah hendak gampang mengalir lewat pembuluh yang kecil sekali juga.

Obat penghambat enzim pengubah angiotensin( ACE inhibitor). Obat ini berperan buat membatasi kegiatan sesuatu hormon yang bisa mempersempit pembuluh darah.

Pembedahan bypass. Prosedur ini bertujuan buat alihkan rute aliran darah supaya tidak melewati pembuluh darah yang tersumbat ataupun rusak dengan memakai pembuluh darah dari bagian badan yang lain.