Gunung Putri Lembang tempat Camping yang cocok buat kamu

Untuk kalian Anak muda yang bingung nentuin malam minggu mau ngapain dan kemana? salah satu tempat rekomendasi terbaik buat anak muda yang hobi beraktifitas di alam seperti halnya bermalam di puncak gunung atau sering di kenal dengan istilah “CAMPING”, bagi kalian-kalian yang kini berdomisili di kota Bandung, kalian wajib mencoba salah satu tempat yang kini menjadi perburuan bagi para anak muda pecinta alam salah satunya adalah Gunung Putri Lembang yang tepatnya di Bandung Barat.

Gunung yang satu ini merupakan tempat yang bersahabat bagi para pendaki pemula. Karena treknya yang berupa tangga  kini sudah di bangun lebih tertata untuk mempermudah proses pendakian bagi para pendaki pemula, sehingga hanya butuh waktu 30 menit untuk para pendaki mencapai puncak dan menikmati suasana asri pegunungan dan indahnya kerlap-kerlip cahaya lampu dari kota bandung di malam hari.

Sebagai penanda bahwa anda telah mencapai puncak adalah dengan adanya tugu yang di bangun di puncak gunung putri yang terkenal dengan nama Tugu sespim.

Gunung yang tak lepas dari mitos Legenda Sangkuriang ini, di percaya sebagai tempat persembunyian Dayang Sumbi yang melarikan diri dari sangkurian, Di katakan dalam Legenda tersebut bahwa dari gunung Putri inilah Sangkuriang membuat perahu dan menendangnya lantaran kecewa dengan kegagalannya memenuhi syarat dari Dayang Sumbi untuk dapat menikahinya, perahu yang di percaya buatan sangkuriang tersebut kini menjelma menjadi Gunung Tangkuban perahu.

Harga tiket masuk Gunung Putri Lembang

Untuk dapat menikmati sejuknya hutan pinus dan keindahan kota bandung pada malam hari dari puncak gunung putri ini terbilang cukup murah :

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Hiking Rp10.000
Tiket Berkemah/malam Rp22.000
Tiket Parkir Kendaraan 
Tiket Parkir Motor (Hiking) Rp5.000
Tiket Parkir Mobil (Hiking) Rp10.000
Tiket Parkir Motor (Camping) Rp10.000
Tiket Parkir Mobil (Camping) Rp20.000

Menikmati sunrise di pagi hari, mendengar kicauan burung, bersantai bersama teman , berayun di hammock dan menikmati indahnya lampu lampu dari kota bandung di malam hari, merupakan beberapa hal yang anda dapatkan bila berlibur di gunung putri.

Aktivitas-aktivitas yang terkait dengan kegiatan alam adalah menu utama bagi wisatawan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Trekking sekitar kawasan wisata

untuk mencapai puncak, waktu yang dibutuhkan tidakah terlalu lama yakni 30 menit saja. Tentu hal tersebut di sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik masing-masing.

Jalur yang  di lewati untuk sampai di puncak tergolong bersahabat bagi para pendaki pemula, pasalnya jalur pendaki sudah di bangun sedemikian rupa untuk mempermudah para pendaki dalam proses pendakian, medan yang di lewati tergolong cukup menanjak namun tetap tidak menyulitkan.

2.Berkemah di puncak Gunung Putri

Salah satu aktivitas yang cukup di gemari di kawasan wisata Gunung Putri adalah berkemah. Suasana hutan dan Udara dingin di ketinggian mencapai 1587 mdpl akan menemani pengunjung selama bermalam di puncak Gunung Putri.Untuk peralatan berkemah seperti tenda, lampu, dan peralatan memasak bisa di bawa masing masing.

3.Cahaya lampu malam dari kota Bandung

Keuntungan bagi kalian yang bermalam di gunung putri adalah kalian dapat menikmati indahnya kerlap-kerlip lampu dari kota Bandung di malam hari. Pancaran lampu warna-warni dari kejauhan akan menambah suasana romantisnya malam.

Memang hal ini sangat di pengaruhi oleh cuaca , bila cuaca cerah maka anda akan di suguhi dengan indahnya kerlap-kerlip lampu dari kota Bandung, dan jika anda kurang beruntung maka lampu-lampu kota akan tertutup oleh kabut.

4.Menikmati sunrise di Gunung Putri Lembang

Hal yang tentu kalian tunggu-tunggu bila berada di puncak gunung pastinya adalah dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dari sebelah timur, di Gunung Putri anda dapat melihat fenomena matahari terbit dari sela-sela bukit yang terdapat di bagian timur kota Bandung.

Dengan tidak adanya pohon yang menghalangi membuat anda dapat melihat dengan jelas fenomena terbitnya matahari. selain itu anda dapat melihat keindahan gunung lainnya dari puncak Gunung Putri seperti Gunung Tangkuban Perahu, Rakutak, Burangrang dll.

5.Hutan Pinus

Di sekitar kawasan Gunung Putri masih terdapat hutan yang di dominasi oleh tanaman pohon pinus, hutan pinus ini cocok untuk sekedar bersantai dengan berayun di Hammock atau mengambil foto.

Fasilitas

lokasi pegunungan ini di kelola oleh Perum Perhutani RPH Lembang. Pihak perhutani ini bekerjasama dengan karang taruna untuk merawat dan menjaga keamanan area perkemahan dan area sekitar. Fasilitas seperti MCK cukup mudah di temukan sekitar kawasan wisata.

Lokasi Gunung Putri Lembang

Obyek wisata Gunung Putri terletak di Desa Jayagiri tepatnya di Jl.Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.