apakah anda tahu apa saja Manfaat mengkonsumsi tempe bagi kesehatan? berikut pembahasannya

Tempe merupakan makanan berbahan dasar kacang kedelai yang di fermentasi, tempe merupakan makanan khas dari indonesia, dan anda perlu tahu bahwa beberapa kandungan dalam tempe dapat bernilai obat seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antiksidan pencegah penyakit degeneratif.

karena kegemaran masyarakat akan makanan yang berbahan dasar kedelai ini kini tempe merupakan makanan yang paling mudah di jumpai,tentu dengan berbagai macam olahan makanan yang berbahan dasar tempe mulai dari tempe goreng, oseng tempe, orak-arik, tempe bacem dan sebagainya.

selain rasanya yang enak dan merupakan makanan faforit orang indonesia, ternyata tempe megandung bnyak gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, apa saja manfaat tempe bagi tubuh?, berikut ulasannya yang di lansir dari berbagai sumber ;

Sumber protein dan tinggi kalsium

protein memiliki fungsi untuk menjaga jaringan otot dan penghasil enzim proteolitik yang berfungsi untuk memecah rantai protein agar dapat di serap oleh tubuh. Selain itu tempe mengandung lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B12, dan kandungan retinol yang jauh lebih tinggi dari daging, sehigga tempe seringkali di jadikan sumber protein pengganti daging.

selain protein tempe juga memiliki kandungan  kalsium yang tinggi. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kalsium yang terkandung dalam empat potong tempe satara dengan satu gelas susus sapi. sehigga mengkosumsi tempe sangat bagus untuk kesehatan tulang.

Menurunkan kolestrol dan berat badan 

kolestrol yang tinggi dapat menjadi penyebab resiko terkena penyakit jantung, tapi anda tak perlu khawatir dengan anda mengkonsumsi tempe maka dapat menurunkan kolestrol yang ada dalam darah, karena tempe secara alami kedelainya memiliki senyawa bernama isoflavon. senyawa ini berfungsi untuk penurun kolestrol jahat atau LDL.

Baik untuk sistem kekebalan tubuh dan pencegahan osteoporosis

pada proses fermentasi tempe maka akan terbentuk asam fitat dan berbagai macam bakteri baik salah satunya probiotik, probiotik ini banyak ssekali bermanfaat bagi tubuh salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dan selain itu probiotik juga dapat menjaga kesehatan tulang dan usus.

Dan ternyata tempe juga kaya akan kalsium juga vitamin K, yang mana kedua kandungan ini sangat di perlukan tubuh untuk pembentukan tulang, oleh sebab itu tempe sangat baik di konsumsi bagi penderita osteoporosis yang memerlukan asupan kalsium yang tinggi, dengan asupan kalsium yang tinggi penderita osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Menurunkan gula darah dan Mencegah kanker

Menurunkan gula darah

Penyakit Gula darah atau Diabetes terjadi akibat meningkatnya kadar gula dalam darah yang di akibatkan seringnya seseorang mengkonsumsi makanan yang manis. Dan tahukah anda bahwa tempe dapat menjadi alternatif untuk menurunkan gula darah.

Tempe yang mengandung isoflavon dan serat mampu mengotrol kestabilan gula darah dan mmperbaiki resistensi insulin.

Mencegah kanker

kangker terjadi karena adanya sel-sel abnormal yang terus bermutasi dan menghasilkan sel-sel baru dengan gen yang tidak sempurna, dan proses ini dapat merusak sel-sel sehat yang lainnya, kandungan senyawa polifenol dan isoflavon bertugas untuk menghambat proses produksi pembuluh darah sel kanker. penelitian lain menyebutkan bahwa konsumsi senyawa isoflavon di kaitkan dengan menurunnya angka kematian wanita akibat kanker payudara.

Tag ; manfaat tempe  tempe kesehatan