Anda suka makan bakso ? berikut beberapa efek samping terlalu sering makan bakso

efek makan bakso
Orang indonesia siapa si yang nggak kenal dengan makanan daging berbentuk bola dan berkuah kaldu sapi yang satu ini,

Bakso sangat populer dan dapat di temukan di seluruh indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar, dari kalangan bawah sampai orang yang dari golongan elit pun sangat gemar dengan mkananan indonesia yang satu ini.

tapi jangan salah terlalu sering makan bakso juga akan berdampak buruk bagi kesehatan anda, berikut beberapa efek samping jika anda terlalu sering makan bakso.

1.Sariawan

Penggunanan MSG yang terkandung dalam Bakso dapat menyebabkan gusi dan rongga mulut mengalami iritasi hingga akhirnya  mengalami sariawan.

Penyedap rasa mempunyai sifat menggerus dan tajam yang jika telah melukai rongga mulut akan menyebabkan seseorang kesulitan makan.

2.Hipertensi

Penggunaan MSG yang terlalu berlebihan dalam bakso dapat meningkatkan kadar tekanan darah yang sebelumnya di awali dengan sakit kepala dan perut mual-mual.

3.Gangguan sistem syaraf otak

Mungkin tidak semua bakso menggunakan bahan borak atau formalin, tapi anda harus tetap waspada mugkin ada bebarapa pedagang yang memakai bahan tersebut, mengkonsumsi bakso yang terdapat bahan tersebut dapat menyebebabkan keterbelakangan mental akibat kerusakan sistem syaraf otak yang berhubungan dengan daya pikir serta keterempilan sistem motorik pada anak.

4.Menyebabkan penyakit jantung

Bakso yang mengandung borak dan formalin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah menuju jantung dan  menghambat aliran darah sekitar jantung yang dapat menyebabkan kinerja jantung berkurang.

5. Kangker

Terlalu sering mengkonsumsi bakso juga dapat menyebabkan datangnya kangker. sesuai penelitian mengkonsumsi daging olahan atau daging merah dapat memicu pertumbuhan sel-sel kangker.

Melihat fata-fakta di atas, anda gemar boleh tapi anda harus menakar resikonya juga,konsumsilah dalam jumlah yang wajar, dan pastikan bakso yang anda konsumsi higienis tidak mengandung bahan yang berbahaya.