Anak anda suka mengunyah es batu ? ternyata itu tanda yang kurang baik lho

dampak mengunyah es batu
ada sebagian orang yang suka mengunyah es batu ketika minuman es sudah habis, mungkin memang hal itu dapat membantu orang menghilangkan gejala mulut kering dan melegakan tenggorokan, namun apa anda tau bahwa kebiasaan itu dapat berakibat buruk bagi gigi anda.

Phagophagia adalah nama kondisi dimana kebiasaan anda suka mengunyah es batu  secara kompulsif.

Bahkan keinginan anda untuk terus mengunyah es batu dapat menjadi tanda bahwa anda kekurangan Gizi atau gangguan makan. Bahkan kebiasaan anda mengunyah es dapat menyebabkan masalah gigi, seperti gigi kehilangan email dan kerusakan gigi.

bahkan jika kegiatan mengunyah es sudah menjadi kebiasaan anda secara kompulsif, maka akan berdampak negatif bagi tubuh anda, dan berikut beberapa dampak negatif dari kebiasan mengunyah es yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber, selasa(23/2/21):

Masalah pada gigi

pada dasarnya gigi sama sekali di bangun tidak bertujuan untuk mengunyah es, jika anda terlalu sering mengalih fungsi gigi untuk mengunyah es maka anda dapat merusak enamel pada gigi, enamel gigi adalah bagian gigi yang palig kuat, enamel gigi membentuk lapisan terluar dari setiap gigi yang berfungsi untuk melindungi lapisan dalam gigi dari kerusakan, resiko gigi berlubang pun akan sangat meningkat.

Jika enamel rusak maka gigi menjadi sangat sensitif terhadap zat panas dan dingin, sehingga gigi menjadi sering terasa ngilu dan nyeri.

Gemar memakan es batu dapat menjadi tanda penyakit

selain mengunyah es batu menjadi kegemaran, hal itu juga dapat menjadi pertanda bahwa anda menderita anemia defisiensi besi. Sebuah teori menyatakan bahwa mengkonsumsi es batu dapat meninbgkatkan pasokan darah ke otak, sehingga kegiatan tersebut dapat meringankan gejala anemia yang di rasakan si penderitanya.

ituah sebabnya sadar atau tidak penderita anemia defisiensi besi gemar mengunyah es batu.

Baca juga : Anda hobi makan yang pedas pedas? berikut dampak dan manfaat bagi kesehatan yang dapat anda peroleh dari rasa pedas sang TUAN CABAI

jika Anda gemar mengunyah es batu dan mengalami gejala anemia defisiensi besi, seperti mulut kerig, pembengkakan pada lidah dan kulit pucat maka segera periksakan diri pada dokter, tanpa penanganan yang tepat anemia defisiensi besi dapat menimbulkan komplikasi berupa;

Gagguan jantung

Anemia definisi besi membuat pasokan oksigen dalam darah berkurang, akibatnya jantung harus memompa darah lebih cepat dari normalnya agar kebutuhan oksigen organ tubuh terpenuhi.

detak jantung yang lebih cepat itulah yang dapat menyebabkan pembesaran jantung bahkan gagal jantung.

Masalah kehamilan

wanita hamil yang menderita anemia defisiensi besi beresiko tinggi mengalami kelahiran bayi prematur atau melahirkn bayi dengan berat badan rendah.

selain kemingkinan seseorang mengalami anemia defisiensi besi juga kemungkinan orang mengalami masalah psikologis yang di sebut pica. pica adalah dimana seseorang mengalami gangguan gemar memakan makanan yang tidak wajar seperti tanah, kertas, puntung rokok, kapur, uang logam, hingga es batu secara berlebihan.

Baca juga :  Anda suka makan bakso ? berikut beberapa efek samping jika anda terlalu sering makan bakso

Tag; #Efek sampig suka mengunyah es batu #dampak buruk es batu #es batu