Ada benjolan di punggung, berikut 5 fakta tentang kista

Kista merupakan benjolan yang berisi cairan kental yang biasa kita kenal sebagai tumor, desas-desus tentang penyakit kista biasa kita dengar lewat mulut ke mulut, sering kali spekulasi tersebut adalah hal yang menyesatkan dan ironisnya sebagian dari kita mau percaya begitu saja.

menurut U.S National library of medichine (NLM). Wanita yang berusia di antara masa pubertas sampai menopause menempati resiko tertinggi terkena di bagian ovarium, karena di preiode ini wanita masih mengalami periode mensturasi, pada saat wanita mengalami mensturasi, munculnya benjolan cairan di ovarium bisa saja terbentuk. Ini bukan menjadi masalah jika benjolan tersebut bisa sembuuh sendiri, tidak bertambah besar dan tidak menimbulkan gejala.

 Berikut beberapa fakta tentang kista yang wajib anda tahu :

1.Kista terjadi akibat dari penyumbatan yang menyebabkan penumpukan cairan atau udara, penyumbatan ini bisa dari faktor genetika maupun infeksi dan penyebab lainnya.

2.Selama ini masyarakat berfikir kista hanya dapat tumbuh di dalam rahim wanita saja, namun faktana kista dapat tumbuh di bagian lainnya seperti ginjal,pankreas, rahim dan kuit. tyetapi yang palin sering tumbuh du kulit dan rahim.

3.Berdasarkan tingkat keganasannya kista di bagi menjadi dua yakni kista non-neoplastik dan neoplastik, dimana kista non-neoplastik merupakan tumor jinak yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 3 bulan, dan kista neoplastik di tangani dengan cara pembedahan.

4.Tumor jinak ini terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga jika di lakukan tindakan pembedahan untuk pengobatannya maka mudah di angkat dan tidak membahayakan bagi penderitanya.

5.Penyakit kista tidak menunjukan gajala, sehingga penderita hanya sadar bahwa ada benjolan yang tumbuh di atas kulit.

 kista dapat hilang dengan sendirinya tanpa di obati. pengidap dapat mempercepat proses penyembuhan dengan cara mengompres benjolan dengan air hangat, dan jangan mencoba memecahkan kista karena dapat menyebabkan infeksi.