9 Manfaat tidur yang cukup bagi kesehaan,ternyata penting,Apa saja?

manfaat tidur cukup
Tidur adalah  suatu keadaan bawah sadar di mana seseorang masih dapat di bangunkan dengan pemberian rangsangan sensorik atau rangsangan lainnya.
 
Tidur merupakan proses istirahat bagi semua mahluk hidup, dan tidur merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup sama halnya seperti kebutuhan mahluk akan makan dan minum,sehingga  pada faktanya manusia menghabiskan sepertiga waktunya untuk proses istirahat ini.
 
 Tidur berfungsi untuk mengembalikan stamina tubuh, mencegah stres, memperbaiki sel rusak, bahkan meningkatkan daya ingat.
 
tidurlah tujuh sampai delapan jam sehari maka anda tidak perlu khawatir akan mudah terserang stres, stres tersebut dapat membuat anda cenderung mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak sehat dan mengganggu regulasi kadar gula dalam tubuh  yang bisa menimbulkan obesitas bahkan diabetes.
 
Berdasarkan hasil studi yang di terbitkan oleh  Elsevier dalam jurnal biological psychiatry trnyata tidur yang kurang dapat mempengaruhi fungsi otak yang dapat menimbulkan rasa cemas atau stres, tentu hal itu menjadi salah satu gangguan kesehatan yang serius.
 
berikut berberapa manfaat .
 

 Menjaga berat badan

 
Kurangnya tidur ternyata juga bisa meningkatkan resiko obesitas pada remaja.
karena dengan tidur dapat memperngaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat, caranya dengan menjaga yang membuat kita merasa lapar(ghrelin) atau kenyang(leptin) agar tetap seimbang. jika kita kekurangan tidur maka hormon ghrelin akan naik sedangkan hormon leptin akan terus turun. akibatnya kita akan merasa lapar, itulah mengapa tidur dapat menjadi cara melangsingan tubuh secara alami.
 

Pertumbuhan badan

 
Tidur ternyata mampu membantu proses pertumbuhan dan peerkembangan badan, tidur membuat tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak anak dan remaja, selain membantu pertubuhan hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan,serta meningkatkan masa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa.
 

Meningkatkan suasana hati 

 
Kurang istirahat dan tidur dapat mrmbuat kita cepat marah, sulit berkonsentrasi, murung, stres, depresi.
Terlalu sedikit tidur juga membuat kita merasa terlalu lelah untuk melakukan kegitan yang kita inginkan.
 

Memperkuat imun

 
Menurut penelitian tidur yang kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat kita lebih rentan terserang sakit.
 

Memperkuat ingatan

 
Berdasarkan penelitian kurang tidur dapat membuat kita cepat pikun, penelitian tersebut menunjukan bahwa jketika tidur, otak kita memproses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan kita dari sepanjang hari,  jika anda kurang tidur maka ingatan-ingatan tersebut tidak bisa di simpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.
 
 
Tag Terkait ; #suasana hati #tidur #berat badan #otak #gula darah