9 manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan mental,ternyata mampu membuat awet muda

Di samping memelihara hewan peliaraan adalah sebuah kesenangan, ada sebagian orang beranggapan bahwa memelihara hewan mampu memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental si pemelihara.

Namun, jika hewan peliharaan tidak di rawat dan di jaga dengan baik, hewan peliharaan juga bisa beresiko menjadi penyebab masalah kesehatan.

Berbagai riset telah membuktikan, banyak manfaat yang bisa di peroleh dari pemeliharaan hewan.

Berikut 9 manfaat memiliki hewan peliharaan:

1.Menjaga kesehatan jantung

Bermain dengan seekor anjing atau kucing atau sekedar melihat ikan berenang di kolam ternyata baik untuk kesehatan jantung.

Menikmati saat-saat bersama hewan peliharaan, nyatanya dapat membuat detak jantung anda lebih teratur dan mampu menurunkan tekanan darah.

Hal itu di karenakan rasa tenang yang timbul saat anda menghabiskan waktu bersama hewan kesayangan anda dan mampu memberikan rangsangan tubuh untuk melepaskan hormon bahagia.

Sebuah penelitian telah membuktikan hal itu, penelitian tersebut menyebutkan bahwa seseorang yang memelihara kucing sangat kecil kemungkinan untuk terkena penyakit jantung.

Penelitian lain juga menemukan hal yang serupa, seseorang yang memelihara anjing di sebut dapat memiliki umur yang lebih panjang, sekitar 1 tahun, bahkan setelah mengalami serangan jantung.

2.Suasana hati lebiih baik

Saat anda bermain dengan hewan kesayangan selama 30 menit saja, hal itu dapat membantu tubuh anda untuk melepaskan hormon bahagia ke otak, hal inilah yang pada akhirnya akan memperbaiki suasana hati atau mood.

Bermain bersama hewan peliharaan termasuk dalam hal terapi karena dapat menjaga mood anda lebih setabil dan menghindari perubahannya secara mendadak.

Memelihara hewan peliharaan juga dapat menghindarkan anda dari rasa kesepian, yang dapat merusak suasana hati.

3.Menekan rasa stres

Menghabiskan waktu selama 5 menit dengan hewan kesayangan seperti anjing di sebut efektif untuk menurunkan kadar kristol yang merupakan hormon pemicu stres.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dampak dari memelihara hewan peliharaan untuk penekanan rasa stres sangatlah besar.

Studi lain menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu proses penyembuhan luka secara psikis, hal ini diduga karena hewan peliharaan anda akan menemani anda tanpa peduli kondisi dari majikannya.

4.Menjaga tekanan darah

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan memelihara hewan peliharaan dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Dalam salah satu penelitian terhadap 240 pasangan yang menikah pemilik hewan peliharan, mereka memiliki tekanan darah dan detak jantung yang relatif lebih stabil saat isturahat di bandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

5.Menjaga kadar kolestrol

Orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki kadar kolestrol dan trigliserida yang lebih optimal di bandingan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Beberapa ahli menduga bahwa kadar kolestrol yang optimal pada orang-orang tersebut bisa terjadi karena mereka menjalani gaya hidup lebih efektif lantaran harus mengurus hewan peliharaan.

6.Meningkatan kebugaran

Jika anda memiliki anjing dapat memungkinkan anda untuk tertarik mengajak sang anjing berjalan-jalan mengitari lingkungan rumah.

Seperti yang kita tahu, berjalan-jalan adalah sebuah olahraga kecil yang dapat meningkatkan kebugaran apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

7.Menekan resiko alergi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Ketika seorang anak tumbuh di lingkungan yang terdapat anjing mereka akan cenderung tidak memiliki alergi.

Diketahui bahwa menghabiskan hari-hari bersama hewan peliharaan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Alhasil tubuh akan lebih tahan terhadap alergi dan penyakit infeksi.

8.Membantu anak dengan ADHD

Ketika seorang anak bermain dengan hewan peliharaan secara tidak langsung mereka akan berlatih untuk hal perencanaan, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Hewan peliharaan perlu bermain, hal itu membantu anak ADHD membakar energi ekstra yang di milikinya.

Karena hewan peliharaan dan anak adalah cinta tek bersyarat, hewan peliharaan dapat membantu anak ADHD belajar tentang harga diri.

9.Meningkatkan kemampuan berinteraksi

Hewan peliharaan di ketahui dapat menunjukan empati dan kasih sayang terhadap orang di sekitarnya, khususnya bagi si pemelihara. Bahkan suatu studi menyatakan bahwa hewan peliharaan dapat mendukung anak dengan autisme untuk berinteraksi lebih baik dengan lingkungan sekitarnya.