7 Tips sehat selama berpuasa

Saat kita berpuasa kita di wajibkan menahan haus dan lapar yang membuat organ pencernaan beristirahat selama kurang lebih 13 jam yang pastinya akan membuat kita merasa lemas.

Berpuasa tidak berarti akan membuat kita kekurangan zat gizi dan kelaparan.

Puasa hanya sekedar cara mengistirahatkan organ pencernaan selama beberapa jam dengan tetap memperhatikan aturan atau perencanaan sesuai gizi yang seimbang.

Jadi anda tidak perlu khawatir untuk kelaparan saat berpuasa, hal itu tidak akan berdampak negatif bagi kesehatan anda, selama anda menjaga aturan gizi saat waktu sahur dan berbuka.

Sebagian orang mungkin akan merasa takut selama berpuasa akan merasa kehausan dan kelaparan, ada pula yang merasa takut akan menjadi rentan sakit setelah mengubah jam makan saat berpuasa.

Untuk menghindari ketakutran akan hal tersebut alangkah baiknya jika anda menyimak beberapa tips agar tubuh tetap sehat selama berpuasa berikut:

1. Porsi makan tidak terlalu berbeda

Sebaiknya menu dan porsi makan saat berpuasa jangan terlalu berbeda dengan biasanya agar organ pencernaan tidak terlalu banyak beradaptasi.

2.Perhatikan zat gizi lengkap

Setiap anda berbuka dan sahur jangan lupa memperhatikan zat gizi yang di perlukan tubuh selama berpuasa, antara lain:

. Karbohidrat

. Protein hewani

. Protein nabati

. Sayuran

. Buah

3.Pilih karbohidrat kompleks

Bahan makanan yang berkarbohidrat kompleks mampu mencerna energi lebih lambat, sehingga anda tidak cepat merasa kelaparan, nasi merah dan roti gandum merupakan bahan makanan yang tiggi karbohidrat.

4.Konsumsi sayuran dan buah yang kaya serat

Makanan yang kaya serat akan di cerna tubuh dalam waktu yang relatif lebih lama sehingga salah satunya akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

5.Memperhatikan saupan cairan tubuh

Tubuh setidaknya memerlukan cairan sebanyak 8 gelas sehari konsumsi cairan ini sangat penting bagi tubuh untuk mencegah terjadinya konstipasi dan dehidrasi.

6.Kurangi kafein

Kafein pada teh dan kopi dapat menstimulasi pengeluaran air dari dalam tubuh melalui air kemih, sehingga sangat di sarankan untuk mengurangi konsumsi kafein saat anda berpuasa.

7.Menurangi makanan asin

Makanan asin dapat membuat anda cepat haus , maka dari itu sangat di sarankan untuk mengurangi makanan yang di tambahkan garam pada proses pengolahannya.