7 manfaat bangun pagi, ternyata juga berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang

bangun pagi
Setelah semalaman bergadang pastinya kita akan merasa malas untuk bangun pagi, padahal dengan bangun pagi hari anda dapat menikmati udara sejuk yang belum terkontaminasi dengan polusi asap pabrik dan asap kendaraan bermotor, selain bangun pagi baik untuk kesehatan fisik ternyata bangun di pagi hari juga baik untuk kesehatan mental.

Tipe orang yang lebih suka bangun pagi akan lebih mudah berkonsentrasi terhadap target pencapaian dalam hidupnya.

Banyak penelitian yang menemukan hubungan antara produktivitas dan pola tidur, para penelit akhirnya menyimpulkan bangun pagi cenderung lebih baik. Bangun lebih awal akan menambah waktu produktivitas anda sehingga anda akan memiliki waktu yang lebih banyak.

Berikut 7 manfaat yang akan anda dapatkan bila anda rutin bangun di pagi hari ;

1.Menjadi lebih aktif
Sebuah penelitian yang di lakukan pada 204 anak berusia 12-40 bulan membuktikan bahwa anak yang sering bangun di pagi hari mereka akan lebih aktif secara fisik di bandingkan dengan anak yang jarang bangun pagi.
Kurangnya aktifitas fisik bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental maupun kesehatan fisik seorang anak.
2.Lebih mudah berkonsentrasi
Memulai hari lebih pagi dapat meningkatan konsentrasi.  Studi terbaru membuktikn bahwa orang yang lebih suka bangun pagi lebih mudah berkonsentrasi sehingga mampu berkinerja lebih baik secara akademis.
3.Lebih tenang
Orang yang menyukai kesunyian di pagi hari dapat melakukan meditasi. Pikiran yang damai dapat memberikan kekuatan untuk meraih pencapaian yang lebih banyak, keheningan yang seorang dapatkan ketika bangun pagi menjadikan pikiran lebih tenang dan damai. Sehingga dapat berkonsentrasi terhadap target pencapaian yang di inginkan.
Menurut study dalam Journal of Psychiatric  Research berkaitan dengan depresi.
Menerangkan bahwa orang orang yang bangun di atas jam 06.00 atau lebih pagi punya 25 persen kemungkinan yang lebih kecil mengalami depresi di bandingkan dengan mereka yang suka bergadang.
4.Menigkatkan produktifitas
Waktu pagi hari adalah waktu yang paling berpotensi untuk memulai sebuah kegiatan yang bersifat produktif, ketenangan yang anda dapatkan di pagi hari membantu anda dapat berfikir lebih fokus pada tugas tugas yang penting tanpa gangguan. Bersamaan degan itu otak seseorang berada pada level paling optimal di pagi hari sehingga dapat berkontribusi terhadap pengambilan keputusan yang lebih baik.
Penelitian juga membuuktikan bahwa bangun di pagi hari adalah saat paling baik untuk proses pencernaan.
5.Meningkatkan kesehatan kulit
Telah di buktikan secara penelitian bahwa kesehatan kulit anda di pagi hari secara alami akan di tingkatkan dengan hidrasi, oksigenisasi, dan peningatan aliran darah.
Matahari yang bersinar di pagi hari sangat bermanfaat untuk proses pembentukan vitamin D yang di mana vitamin D berguna untuk proses peremajaan kulit. Selain itu, kandungan D2 dan D3 bisa membantu proses pencegahan penyakit pada kulit, oleh sebab itu kita sangat tidak rugi bila bisa bangun di pagi hari.
6. Lebih bahagia
Berdasarkan sebuah penelitian dari Universitas Toronto,Kanada,melakukan survei pada 700 orang yang berusia 17-79 tahun, survei tersebut mengumpulkan data seputar rutinita stidur, status emosi, kesehatan dan waktu favorit.
Berdasarkan hasilnya yang seperti sudah kita buktikan sendiri bahwa bangun di pagi hari akan membuat orang merasa lebih bahagia dan sehat di bandingkan dengan orang yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam. Faktor hasil dari temuan itu kemungkinan adalah jam biologis seseorang yang bangun pagi lebih sejalan dengan ekspetasi sosial,contohnya jam kerja yang pada umumnya di mulai pada pagi hari.
Hasil studi yang dipublikasikan di situs resmi American Psychology Assocition itu kemungkinan dapat menjadi bahan motivasi anda untuk bisa bangun di pagi hari.
7.Punya di siplin yang tinggi
Terbujkti Orang yang bangun pagi akan cenderung memiliki pola di siplin diri yang lebih baik, terbiasa bangun pagi setiap hari, rutinitas yang di jalani akan terasa mengalir, saat mendengar jam alarm pun tidak akan kembali tidur, kedisiplinan itu akan berdampak baik pada rencana harian dan rutinitas yang di jalani.
Dan masih banyak lagi dampak positif yang akan kita dapatkan bila kita rutin bangun pagi, bangun pagi selain berpengaruh terhadap kesehatan fisik juga berpengaruh terhadap kesehatan mental dan berpengaruh terhadap aktifitas kesehari harian kita yang secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kesuksesan dalam pencapaian kita.