6 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan, Dapat Menjadi Orang Yang Sangat Menarik Lho

manfaat tersenyum
Sebagian orang menganggap tersenyum merupakan hal yang biasa, bahkan menjadi hal yang remeh untuk di lakukan, tapi sadarkah anda bahwa dengan kita tersenyum ternyata dapat berdampak positif bagi mental kita bahkan bagi orang yang ada di sekitar kita.

Mungkin kita sering mendengar orang lain mengatakan pada kita dengan sebuah kata “Tersenyumlah” bahkan kita tidak asing lagi dengan kata kata “awali pagimu dengan senyuman, agar harimu menyenangkan”.

Sadar atau tidak sadar ternyata senyuman mampu memberi efek yang dahsyat bagi diri kita maupun orang yang ada di sekitar kita baik dari segi psikologis maupun kesehatan fisik.

Berikut 6 manfaat tersenyum bagi kesehatan psikologis maupun fisik :

1.Memperbaiki mood

Suasana hati memanglah selalu berubah ubah sesuai keadaan yang sedang kita hadapi saat itu.

Tetapi cobalah berusaha tersenyum di kala anda merasa kesal ataupun sedih, karena dengan cara tersebut dapat berpotensi untuk memperbaiki suasana hati anda. Hal tersebut di ungkapkan oleh ahli bahwa tersenyum dapat memancing tubuh memperbaiki mood atau suasana hati.

Di sebutkan bahwa sebuah senyuman dapat menjelma menjadi antidepresan secara alami. Sebab, senyuman dapat meraangsang tubuh menghasilkan neurotransmitter, sejenis senyawa dopamine dan serotonin dua senyawa kebahagiaan. Dengan adanya dua senyawa tersebut di yakini dapat meningkatkan suasana hati.

2.Meredakan stress

Mungkin kita akan dapat tersenyum dimana kita sedang merasa bahagia saja.

Percaya atau tidak dengan anda tersenyum ternyata dapat membantu meredakan stress, selain meredakan stress, dengan anda tersenyum maka wajah anda akan terlihat lebih cerah dan memancarkan aura kebahagiaan sehingga orang yang berada di sekitar anda akan ikut merasakan perasaan yang bahagia.

3.Membantu anda terlihat lebih menarik

Orang yang sering menyapa teman atau saudara dengan sebuah senyuman ternyata akan terlihat lebih menarik di bandingkan teman anda yang selalu bermuka murung.

Orang yang mudah tersenyum tentunya akan terkesan lebih welcome dan intraktif dalam menjalin persahabatan.

Dan tentu saja hal itu akan membuat teman anda merasa lebih nyaman jika berdekatan dengan anda.

4.Membuat anda terlihat lebih muda

Secara kedokteran pastinya telah menyepakati fakta bahwa orang yang mudah tersenyum akan membuat seseorang tampak lebih awet muda.

Di karenakan dengan anda tersenyum makan otot pada wajah akan tertarik dan membuat kulit wajah tampak lebih kencang sehingga kulit wajah akan terjaga kekencangannya yang di mana hal tersebut akan membuat wajah anda terlihat lebih muda.

5.Meningkatkan rasa percaya diri

Berbagai kajian telah membuktikan bahwa orang yang murah tersenyum akan terlihat lebih percaya diri, yang dimana dengan anda bermodalkan perasaan percaya diri maka akan berujung dengan sebuah kesuksesan dalam performa pekerjaan.

Orang yang murah tersenyum pastilah akan terlihat lebih semangat,enerjik dan tentunya terlihat lbih positif yang menjadikan orang lebih nyaman dengannya.

6.Dapat mengisi kepuasan diri

Dalam sebuah studi, di sebutkan bahwa orang yang mudah tersenyum dengan tulus, ternyata memiliki peluang lebih besar untuk mengisi kepuasan dan pengembangan diri sendiri hingga 30 tahun kedepan, kepuasan ini di sebutkan dapat menunjang pengembangan diri dari segi interpersonal, seperti halnya pernikahan.

Dari ke enam manfaat sebuah senyuman di atas yang di mana senyuman tidaklah berbayar, senyuman tidaklah harus memiliki alat bantu, berarti kita akan mendapat manfaat dari sebuah senyuman secara geratis.

Hanya dengan sebuah cara geratis, “Tersenyum” kita dan orang sekitar kita akan mendapat ke enam manfaat tersebut.

Terkadang mungkin keadaan tidak mendukung untuk kita tetap tersenyum,tetapi cobalah untuk menghadapi berbagai situasi dengan sebuah kesabaran dan senyuman hangat dari hati.