5 bahaya kipas angin untuk kesehatan berikut ini sering anda alami

Pada faktaya daerah perkotaan cenderung memiliki udara yang panas sehingga membuat kebanyakan orang memakai Ac atau kipas angin untuk menjaga ruangan agar tetap sejuk dan dingin, udara luar yang panas membuat kita betah berlama lama di depan kipas angin maupun di dalam ruangan yang digin, tidak jarang juga yang gemar menghadapkan kipas angin langsung ke arah tubuh meski saat tertidur.

Sebagian orang ada yang beranggapan jika tidur dengan kipas angin yang menghadap langsung ke arah tubuh itu merupakan hal yang berbahaya.

Pada faktaya hal tersebut memang berbahaya, pasalnya kipas angin dapat mengedarkan partikel-partikel debu dan potensi alergen lainnya yang dapat menyebabkan iritasi. Perlu di ketahui tungau debu merupakan pemicu alergi yang paling umum akibat tidur memakai kipas angin.

Partikel tersebut dapat melekat hingga ke langit-langit kamar. Untuk itu,bersihkan bilah kipas dengan rutin terutama kipas yang sudah berdebu.

1.Aergi debu

lewat kipas angin bukan hanya sirkulasi udara saja yang di putar dalam ruangan, melainkan debu dan sisa perapasan sendiripun ikut terputar oleh kipas angin, membuat anda menghirup debu dan sisa pernapasan sendiri yang tadi sudah di buang.

Saat kamar tidak dapat menyaring udara baru,kipas angin berpotensi menyebarkan bakteri, kuman, bahkan virus lewat udara. Jika anda mengandalkan kipas angin maka janganlah menggunakannya setiap hari.

Saat anda tertidur dan menyalakan kipas angin, kipas angin dapat menyedot debu dalam ruangan dan menghembuskannya kearah anda, sehingga hal ini akan membuat tenggorokan terasa sakit, batuk-batuk hingga terserang asma karena alergi debu.

2.Sindrom Bell Palsy

Saat anda erasa gerah dan menyalakan kipas angin sampai tertidur, maka hal ini dapat mengakibatkan dampak berbahaya seperti Sindrom Bell Palsy. Dimana penderitanya mengalami kelumpuhan pada wajah.

Kondisi ini di akibatkan karena wajah selalu terpapar suhu dingin dari angin, sehingga otot pada wajah menjadi menegang. Yang terjadi pada si penderita penyakit ini dia merasa tegang di bagian wajah mengakibatan si penderita susah tersenyum dan berekspresi.

3.Hipertermia

Waspadai penggunaan kipas angin di malam hari ketika anda tidur dapat meningkatkan suhu tubuh di mana suhu tubuh anda berada di atas normal(36⁰C) dan terus naik saat tubuh tidk mampu menahan suhu panas.

Maka dari itu sebaiknya saat anda menyalakan kipas angin sebaiknya buka semua jedela sehingga ada ventilasi untuk sirkulasi udara keluar dan masuk.

Ketika jendela di buka dan udara bersirkulasi maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat.

Tetapi jika suhu ruangan lebih panas dari suhu tubuh maka dapat berakibat meningkatnya tekakan suhu pada tubuh sehingga dapat mengakibatkan hipertermia.

4.kekurangan cairan dalam tubuh

di balik rasa sejuk dari hembusan kipas angin, ternyata udara dingin di ruangan dapat menyerap cairan  dalam tubuh, hal ini dapat mengakibatkan tubuh terasa lemah.

Pada prinsip dasarnya tubuh sangat membutuhkan cairan, pada saat tubuh kekurangan cairan organ tubuh maupun kulit jadi tidak dapat berfungsi dengan baik.

5.Nyeri otot

Pernahkah anda bangun tidur bukannya tubuh terasa segar tapi malah tubuh terasa sakit-sakit?

Benar, salahsatu bahaya tidur dengan kipas yang langsung menghadap ke tubuh adalah dapat menyebabkan nyeri otot.

Sirkulasi udara yang dingin dapat membuat anda lebih rentan terkena kontraksi otot, Jika anda telah memiliki nyeri otot sebelumnya, tidur dengan kipas yang langsung menghadap ke tubuh dapat memperparah nyeri otot yang anda alami, bahkan dapat mengakibatkan anda  mengalami sakit kram di tengah pulasnya anda tertidur.

Kondisi di atas dapat timbul akibat adanya kipas angin. Oleh karena itu, apabila udara panas menjadi penghambat anda tidur tanpa kipas angin.

lakukan tips berikut agar kualitas tidur anda tetap terjaga dengan baik tanpa mengganggu kesehatan anda :

.Rutin bersihkan kipas angin agar tidak berdebu, debu dan kotoran yang menempelm pada kipas angin harus sering-sering di bersihkan agar terhindar dari reaksi alergi.

.Cukupi cairan dan hindari mengkonsumsi alkohol beerlebihan. Air putih, susu rendah lemak, teh, dan kopi merupakan pilihan yang tepat.

.sebelum tidur anda dapat mandi atau sekedar memercikkan air guna menjaga tubuh agar tetap dingin.

.Gunakan tirai yang berwarna terang, karena tirai yang berwarna gelap membuat ruangan jadi terasa lebih panas.

Tag ; #tidur #bahaya kipas angin bagi kesehatan # bahaya kipas angin saat tidur #bahaya kipas angin atau ac